Silabus Outbound Teamwork dan Leadership Koperasi

OUTBOUND TRAINING 
(TEAM BUILDING & LEADERSHIP)
 
team building adalah membangun karakter unik, untuk mencapai obyektif bersama-sama. Tumbuh Kembang Organisasi tidak akan berhenti ketika Team Building sudah menjadi pondasi organisasi yang kokoh.

Manfaat Team Building bagi Tumbuh Kembang Organisasi Bisnis Anda jelas untuk kesejahteraan masing-masing anggota, keberlangsungan produk dan jasa yang dijual . Team Building adalah salah satu Manajemen Strategi yang efektif bagi kelangsungan bisnis Anda.

Menarik bukan sahabat Lapenkop ? 

Team Building menjadi salah satu implementasi Manajemen Strategi, merupakan sebuah proses berkelanjutan untuk membantu kelompok kerja berkembang menjadi sebuah unit kerja kohesif. Anggota tim tidak hanya saling berbagi harapan untuk menyelesaikan tugas-tugas kelompok, namun juga akan berbagi Kepercayaan dan Dukungan satu sama lain serta menghormati perbedaan individu.

Manfaat Team Building Dalam Suatu Organisasi :
Adanya team building yakni untuk menciptakan tujuan suatu organisasi oleh orang-orang dalam anggota team suatu organisasi. Adapun manfaat dari team building yakni:
1.    Menjalin Komunikasi
Dalam suatu  team pasti ada atasan dan anggota team. Team building akan membantu membangun komunikasi antara atasan dan anggota team dengan baik untuk mewujudkan tujuan organisasi.
2.    Adanya Kejelasan Tanggung Jawab
Adanya team building yakni juga membentuk penanggungjawab dari sebuah pekerjaan yang dilakukan. Sehingga dapat diketahui tanggungjawab masing-masing dalam suatu team.
3.    Membentuk Kerjasama
Dengan adanya kerja team, setiap anggota team memiliki tanggungjawabnya masing-masing. Setiap tanggungjawab tersebut harus saling bersinergi agar terwujudnya tujuan organiasasi. Kerjasama yang baik sangat diperlukan agar dalam setiap tanggungjawab yang dimiliki dapat disatukan menjadi tujuan organisasi.
4.    Meningkatkan Produktivitas
Pekerjaan yang baik akan menciptakan tujuan yang sempurna. Bekerja dengan team dan membentuk suatu team building akan membantu meningkatkan produktivitas kerja yang dilakukan oleh setiap anggota team
5.    Menyatukan Perbedaan Pendapat
Banyaknya orang yang tergabung dalam suatu team dapat menyebabkan adanya perbedaan pendapat dalam melakukan pekerjaan untuk mewujudkan tujuan organisasi. Adanya team building inilah yang mampu menyatukan perbedaan pendapat menjadi sebuah masukan untuk memperbaiki kerja suatu team dalam meuwujudkan tujuan organisasi.
6.    Memecahkan Masalah
Pasti ada hambatan atau masalah ketika suatu realita tidak sesuai dengan rencana. Apabila hanya satu orang yang memikirkannya, penyelesaian masalah dapat berhenti dan tidak menemukan solusi, adanya anggota dalam team building membantu menyelesaikan satu masalah dengan berbagai pendapat yang dapat diberikan oleh beberapa orang dalam suatu team tersebut.
7.    Menumbuhkan Motivasi
Setiap anggota dalam suatu team pastinya ingin mencapai suatu tujuan tersendiri untuk mencapai sebuah kesuksesan. Prestasi yang diperoleh salah satu anggota team akan membantu meningkatkan rasa keinginan setiap anggota yang lain untuk maju. Dengan team building, keinginan setiap anggota untuk maju dapat menjadi sebuah motivasi.
8.    Menumbuhkan Sikap Saling Percaya
Setiap anggota team memiliki tanggungjawabnya masing-masing dalam pekerjaannya. Masing-masing anggota harus menyelesaikan tanggungjawabnya sendiri dan percaya kepada anggota lain yang melakukan pekerjaan sesuai dengan jatahnya. Kepercayaan ini harus ada agar tidak terjadi suatu rasa paling bisa dan menganggap orang lain tidak bisa mengerjakannya.
9.    Adanya Tujuan Akhir yang Jelas
Adanya team building akan membatu plot pekerjaan sesuai dengan porsi anggota team. Sehingga akan membentuk tujuan yang jelas dengan tidak ada pekerjaan yang double dan tidak ada juga pekerjaan yang belum dikerjakan.

PROSEDUR PELAKSANAAN
1DAY Program Outbound + Materi Perkoperasian
2DAY 1NIGHT Program Outbound + Materi Perkoperasian
ARUNG JERAM + Materi Perkoperasian


PROSEDUR REGISTRASI
Registrasi dapat dilakukan dengan menghubungi LAPENKOP Daerah Kota Tangrang, melalui telepon, surat, email, atau fax.
Alamat :
LAPENKOP Daerah Kota Tangerang
Jl. Daan Mogot Km. 24 No. 51 A Rt. 02/05 Kel. Sukaasih Kec. Tangerang – Kota Tangerang 15111.

Email dan website: 
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
website: www.dekopindakotatangerang.com

Kontak :
Nenih  (0858-1125-2727)
Nanang Hernawan  (0815-1758-6264)
Iryawan  (0812-1020-0253)

*Konfirmasi kepastian mengikuti pelatihan paling lambat 6 (enam) hari sebelum hari pelaksanaan
*Mekanisme Pembayaran dapat dilakukan secara langsung atau transfer Bank.

Silabus Pendidikan Manajer dan Karyawan Koperasi

PENDIDIKAN MANAJER & KARYAWAN
 
DESKRIPSI
Daya saing perusahaan sangat tergantung pada kualitas, kapasitas dan kompetensi Manajer dan Karyawan. Kedudukan Manajer dan Karyawan merupakan garda terdepan, yang menentukan berjalannya tata kelola perusahaan (koperasi). Mereka yang mengalami dan berhadapan langsung dengan kegiatan produksi, keuangan, pemasaran, termasuk pelayanan kepada pelanggan. Tidak sedikit perusahaan bermasalah kemudian bubar  karena kagaduhan dan prilaku karyawannya.

MENYELESAIKAN MASALAH APA?
Kompetisi global akan semakin berat, ditandai dengan berlakunya kesepakatan MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Hal ini menjadi tantangan nyata bagi perusahaan termasuk koperasi. Perusahaan yang salah urus tidak akan mampu bersaing dan akhirnya akan bubar dengan sendirinya.
Jika kita mencoba membedah organisasi dan bisnis koperasi, mulai dari; lay out, display, pencatatan dan pelaporan, kegiatan usaha, permodalan,  kegiatan produksi, keanggotaan, dan lain-lain, kita harus jujur bahwa performa koperasi masih jauh dari harapan sebagai perusahaan yang   mandiri dan berdaya saing.
Masalah utama adalah lemahnya tata kelola disegala aspek. Karena itu perlu adanya  koreksi dan penguatan agar organisasi dan Usaha Koperasi memiliki daya saing, tidak hanya di pasar lokat, tetapi juga di pasar regional dan internasional. Peningkatan kualitas, kapasitas dan kompetensi Manajer dan Karyawan adalah prasyarat yang harus dilakukan

MANFAAT DAN TUJUAN YANG DIPEROLEH:
1.    Mampu mengenali pengertian, nilai-nilai dan prinsip koperasi
2.    Mampu mengenali struktur, fungsi dan peran unsur organisasi koperasi
3.    Mampu melakukan pembagian Sisa Hasil Usaha koperasi
4.    Mampu mempersiapkan dan melaksanakan rapat anggota tahunan
5.    Mampu menyusun RAPBK dan laporan keuangan koperasi
6.    Mampu menyusun RK dan RAPB Koperasi
7.    Mampu mengendalikan keuangan koperasi
8.    Mampu melaksanakan pengadaan barang/jasa, pengelolaan gudang, kegiatan produksi dan promosi
9.    Mampu menentukan target pasar, produk/jasa, lokasi usaha, dan harga jual produk/jasa
10.    Mampu menyusun laporan pajak penghasilan badan.

PROSEDUR PELAKSANAAN
Pendidikan Manajer dan Karyawan dilakukan secara terstruktur, dan berkelanjutan. Diawali dengan  Paket Dasar dan dilanjutkan dengan Paket lanjutan.   Setiap Paket Pelatihan dilakukan selama 4 (empat) hari setara 32 JPL (Jam Pelajaran) dan paket lanjutan dilakukan selama 8 (delapan) hari, setara 64 JPL.

PROSEDUR REGISTRASI
Registrasi dapat dilakukan dengan menghubungi LAPENKOP Daerah Kota Tangrang, melalui telepon, surat, email, atau fax.
Alamat :
LAPENKOP Daerah Kota Tangerang
Jl. Daan Mogot Km. 24 No. 51 A Rt. 02/05 Kel. Sukaasih Kec. Tangerang – Kota Tangerang 15111.

Email dan website: 
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
website: www.dekopindakotatangerang.com

Kontak :
Nenih  (0858-1125-2727)
Nanang Hernawan  (0815-1758-6264)
Iryawan  (0812-1020-0253)

*Konfirmasi kepastian mengikuti pelatihan paling lambat 6 (enam) hari sebelum hari pelaksanaan
*Mekanisme Pembayaran dapat dilakukan secara langsung atau transfer Bank.

TOPIK YANG DIBAHAS
A. PAKET DASAR
1.    Memahami Jati Diri Koperasi
2.    Memahami Organisasi dan Manajemen Koperasi
3.    Melakukan Pembagian Sisa Hasil Usaha Koperasi
4.    Melakukan Rapat Anggota Tahunan
5.    Menyusun RAPBK
6.    Menyusun Laporan Keuangan

B. PAKET LANJUTAN:
1.    Menyusun Rencana Kerja, Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi
2.    Mengendalikan Keuangan Koperasi
3.    Melaksanakan Pengadaan Barang/Jasa
4.    Melaksanakan Pengelolaan Gudang
5.    Melaksanakan Kegiatan Produksi/Operasi
6.    Menentukan Target Pasar
7.    Menetapkan Produk/Jasa
8.    Menetapkan Lokasi Usaha
9.    Menentukan Harga Jual Produk/Jasa
10.    Melakukan Promosi
11.    Menyusun dan Menganalisis Laporan Keuangan
12.    Menyusun Laporan Pajak Penghasilan Badan

SIAPA YANG PERLU IKUT
1.    Manajer
2.    Karyawan
3.    Calon Karyawan

 

Silabus Pendidikan Pengawas Koperasi

PENDIDIKAN PENGAWAS
 
DESKRIPSI
Kedudukan pengawas di Koperasi sangat penting dan Strategis. Pengawas adalah perwakilan anggota dalam melakukan pengawasan terhadap  roda organisasi dan usaha koperasi. Pengawas memiliki fungsi  kontrol dan pengendali agar koperasi tetap terarah dan berjalan pada koridor yang telah disepakati  terutama taat pada keputusan RA. Termasuk mengarahkan organisasi agar senantiasa taat pada koridor  jati diri koperasi dan peraturan perundangan yang berlaku. Setiap tahun, Pengawas wajib melaporkan tugasnya dihadapan Rapat Anggota.

MENYELESAIKAN MASALAH APA?
Kebanyakan koperasi, pengawasnya cenderung pasif, nanti sibuk saat menjelang pelaksanaan Rapat Anggota karena  akan memberikan laporan dihadapan Rapat Anggota. Bahkan ada beberapa koperasi  yang laporan pengawasnya disusunkan oleh pengurus atau pihak lain. Pengawas hanya membacakan saja. Fakta ini disamping keliru, juga  rentang terhadap rekayasa laporan. Hal ini terjadi, karena Pengawas kurang memahami fungsinya dan tidak mengerti bagaimana prosedur dan tata cara pengawasan yang baik dan benar.
Pendidikan dan pelatihan bagi pengawas diharapkan dapat  melahirkan sosok pengawas yang profesional  yang paham  fungsi dan prosedur pengawasan dengan demikian koperasi akan semakin terkendali dan terarah pada visi besar koperasi yaitu mewujudkan koperasi yang sehat, mandiri dan dominan dalam perekonomian nasional.

MANFAAT DAN TUJUAN YANG DIPEROLEH
•    Memahami dengan jelas pengertian, nilai-nilai dan prinsip koperasi
•    Memahami tata cara dan posedur pengawasan
•    Terampil dalam menyusun laporan pengawasan
•    Memahami fungsi dan peran setiap perangkat organisasi koperasi
•    Mengenali tata cara dan prosedur Rapat Anggota
•    Memahami tata cara pembagian SHU
•    Memahami dengan jelas, tujuan, fungsi dan proses akuntansi
•    Mengerti proses penyusunan laporan keuangan koperasi
•    Terampil dalam menganalisis laporan keuangan koperasi
•    Memahami struktur, proses, jenis, dan aspek pengendalian intern
•    Terampil dalam melakukan audit aktiva dan passiva koperasi
•    Terampil dalam melakukan penilaian kesehatan Koperasi


PROSEDUR PELAKSANAAN
Pendidikan Pengawas (PPs)  dilakukan secara terstruktur dan  sistematis dalam 2 paket.  Diawali dengan PPs  Paket Dasar dan dilanjutkan PPs  Paket lanjutan.  Peserta PPs lanjutan dianjurkan yang telah mengikuti paket dasar.  PPs  Dasar maupun lanjutan dilakukan selama 4 (empat) hari setara 32 JPL (Jam Pelajaran) .

PROSEDUR REGISTRASI
Registrasi dapat dilakukan dengan menghubungi LAPENKOP Daerah Kota Tangrang, melalui telepon, surat, email, atau fax.
Alamat :
LAPENKOP Daerah Kota Tangerang
Jl. Daan Mogot Km. 24 No. 51 A Rt. 02/05 Kel. Sukaasih Kec. Tangerang – Kota Tangerang 15111.

Email dan website: 
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
website: www.dekopindakotatangerang.com

Kontak :
Nenih  (0858-1125-2727)
Nanang Hernawan  (0815-1758-6264)
Iryawan  (0812-1020-0253)

*Konfirmasi kepastian mengikuti pelatihan paling lambat 6 (enam) hari sebelum hari pelaksanaan
*Mekanisme Pembayaran dapat dilakukan secara langsung atau transfer Bank.

 

TOPIK YANG DIBAHAS
A. PENDIKAN PENGAWAS PAKET DASAR:
•    Permen No. 17/Per/M.KUKM/IX//2015 tentang Pengawasan
•    Lebih Mengenal Koperasi
•    Organisasi Koperasi
•    Konflik Dalam Kelompok
•    Dasar-dasar Akuntansi
•    Menyusun Laporan Keuangan Koperasi
•    Analisa Laporan Keuangan Koperasi
•    Sasaran (Aspek) Pengawasan Koperasi
•    Tatacara Menyusun Laporan Pengawas

B. PENDIDIKAN PENGAWAS LANJUTAN:
•    Pengantar Konsep Pengendalian intern
•    Sistem Pengendalian Interen
•    Audit Koperasi
•    Laporan Audit Koperasi
•    Bukti Audit
•    Kertas Kerja Pemeriksaan
•    Audit atas Rekening Kas
•    Audit atas Rekening Persediaan Barang Dagang
•    Audit atas Rekening Piutang
•    Audit atas Rekening Aktiva Tetap
•    Audit atas Rekening Penghasilan Koperasi
•    Audit atas Rekening Biaya Koperasi
•    Analisa Rasio Laporan Keuangan Koperasi

SIAPA YANG PERLU IKUT
•    Pengawas
•    Kader Pengawas
•    Bagian Keuangan Koperasi

Silabus Pendidikan Pengurus Koperasi

PENDIDIKAN PENGURUS
 
DESKRIPSI
Koperasi banyak yang “gagal” bukan hanya karena  potensi usaha   kurang, tetapi karena “salah arah dan salah urus”.  Sosok yang paling bertanggunjawab dibalik kegagalan koperasi adalah Pengurus. Mereka adalah pemegang kekuasaan menjalankan fungsi manajemen koperasi. Pengurus bertanggungjawab untuk melaksanakan keputusan Rapat Anggota. Ditengah persaingan usaha yang semakin ketat, maka pengurus harus tampil menjadi SDM yang mandiri, memiliki sikap, semangat dan kompetensi kewirausahaan/kewirakoperasian dan kepemimpinan.

MENYELESAIKAN MASALAH APA ?
Secara makro, posisi koperasi sangat kuat, tetapi secara mikro masih sangat rapuh dan jauh tertinggal dibandingkan dengan dunia usaha swasta dan BUMN. Selama ini pengurus belum fokus mengurusi koperasi, kecenderungan “hanya  tugas tambahan saja”. Koperasi diurus disisa waktu saja setelah tugas yang lain selesai.
Pendidikan dan pelatihan bagi pengurus diharapkan dapat menyelesaikan masalah kronis di koperasi, seperti; lemahnya pengelolaan organisasi dan manajemen, gagal paham tentang jati diri koperasi, kurang mampu bersaing dan memanfaatkan peluang usaha serta akuntabilitas yang rendah. Kelemahan tersebut tercermin dari:
•    Layanan koperasi melenceng dari jati diri koperasi
•    Ketiadaan rencana strategis koperasi dan belum adanya Standar Operasional Prosedur
•    Lemahnya fungsi perencanaan dan pengendalian
•    Kurangnya transparansi  antara anggota dengan pengelola kopersi
•    Lemahnya strategi bisnis dengan anggota dan calon anggota
•    Kurangnya kerjasama antar  koperasi, koperasi dengan  pemerintah dan pelaku usaha lainnya

MANFAAT DAN TUJUAN YANG DIPEROLEH:
1.    Memahami pengertian, nilai-nilai dan prinsip koperasi
2.    Terampil menyikapi kasus-kasus dalam kehidupan nyata perkoperasi
3.    Memahami fungsi dan peran setiap perangkat organisasi koperasi
4.    Mengenali tata cara dan prosedur Rapat Anggota
5.    Memahami tata cara pembagian SHU
6.    Terampil dalam menyusun RK dan RAPBK
7.    Memimiliki pengetahuan tentang kemajuan koperasi di Negara Maju
8.    Terampil dalam negosiasi,  presentasi dan memimpin rapat
9.    Mampu mengatasi kondisi konflik, dan stress
10.    Memiliki sikap, jiwa dan semangat kewirausahaan dan kepemimpinan
11.    Mampu menyusun laporan keuangan koperasi secara benar
12.    Mengenal macam-macam alat analisis laporan keuangan
13.    Mengetahu cara mengukur tingkat kesehatan Koperasi
14.    Terampil dalam menyusun Perencanaan Strategis Koperasi
15.    Memahami prinsip-prinsip dan gaya-gaya kepemimpinan

PROSEDUR PELAKSANAAN
Struktur Pelaksanaan Pendidikan Pengurus (PPg)
•    PPg dilakukan secara terstruktur, sistematis dan berkelanjutan, diawali dengan Paket Dasar dan Paket Lanjutan (Tema)
•    Paket lanjutan, meliputi 3 tema, yaitu; Komunikasi, Kepemimpinan dan Kewirausahaan.
•    Peserta PPg Paket lanjutan (tema), adalah yang telah mengikuti paket dasar, kecuali pengurus yang sudah senior, boleh langsung memilih paket lanjutan
•    PPg Dasar dan Lanjutan dilakukan selama 4 (empat) hari atau 32 JPL (jam pelajaran)
•    Jumlah peserta per kegiatan sebanyak 20-30 orang

PROSEDUR REGISTRASI
Registrasi dapat dilakukan dengan menghubungi LAPENKOP Daerah Kota Tangrang, melalui telepon, surat, email, atau fax.
Alamat :
LAPENKOP Daerah Kota Tangerang
Jl. Daan Mogot Km. 24 No. 51 A Rt. 02/05 Kel. Sukaasih Kec. Tangerang – Kota Tangerang 15111.

Email dan website: 
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
website: www.dekopindakotatangerang.com

Kontak :
Nenih  (0858-1125-2727)
Nanang Hernawan  (0815-1758-6264)
Iryawan  (0812-1020-0253)

*Konfirmasi kepastian mengikuti pelatihan paling lambat 6 (enam) hari sebelum hari pelaksanaan
*Mekanisme Pembayaran dapat dilakukan secara langsung atau transfer Bank.


TOPIK YANG DIBAHAS
A. PENDIDIKAN PENGURUS PAKET DASAR
1.    Jati Diri Koperasi
2.    Mendengar Aktif dan Bertanya EfektiF
3.    Organisasi Koperasi
4.    Gender dalam Pengelolaan Koperasi
5.    Sisa Hasil Usaha Koperasi
6.    Mekanisme Rapat Anggota
7.    Koperasi Petani Denmark
8.    Menyusun RAPBK

B. PENDIDIKAN PENGURUS PAKET LANJUTAN (TEMA):
1.  Pendidikan Pengurus Tema Komunikasi :
•    Berbicara dan Berpendapat
•    Konflik Dalam Kelompok
•    Mempersiapkan dan Memimpin Diskusi
•    Partisipasi Anggota dalam Pengambilan Keputusan
•    Presentasi Efektif
•    Negosiasi dalam Kondisi Stress
•    Dasar-Dasar Negosiasi
•    Menyelenggarakan Rapat Pengurus

2.  Pendidikan Pengurus Tema Kewirausahaan
•    Kecakapan Berwirausaha
•    Hakekat Usaha Koperasi
•    Pengantar Identifikasi dan Analisa Kebutuhan Anggota
•    Pengantar Strategi Pengembangan Usaha Koperasi
•    Dasar-dasar Akuntansi
•    Menyusun Laporan Keuangan Koperasi
•    Analisa Laporan Keuangan
•    Pengantar Pengendalian Usaha

3.  Pendidikan Pengurus Tema Kepemimpinan
•    Tingkatan Manajemen
•    Gaya Kepemimpinan
•    Harapan Pelaksanaan
•    Umpan Balik yang Membangun
•    Pemecahan Masalah
•    Prinsip Dasar Kepemimpinan
•    Memandu Rapat Pengambilan Keputusan
 
SIAPA YANG PERLU IKUT
1.  Pengurus Koperasi
2.  Calon Pengurus Koperasi

 

Silabus Pendidikan Anggota Koperasi

PENDIDIKAN ANGGOTA
 
DESKRIPSI
Anggota adalah Pemilik sekaligus Pelanggan koperasi (dual identity). Sebagai pemilik, anggota berkewajiban membiayai, mengurusi, mengawasi dan menjaga agar koperasi terus berkembang. Sebagai Pengguna atau pelanggan, berarti anggota wajib memanfaatkan layanan organisasi dan usaha koperasi. Besaran skala usaha koperasi ditentukan oleh besarnya partisipasi anggota. Karena itu, kesadaran dan kepedulian anggota adalah faktor kunci kemajuan koperasi.

MENYELESAIKAN MASALAH APA ?
Pendidikan Anggota diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang manfaat jika berkoperasi.  Dasar manfaat menjadi motivasi setiap anggota  untuk berpartisipasi di koperasi, seperti; meningkatkan volume transaksi, memperkuat permodalan, pengawasan, ikut mengambil keputusan saat Rapat Anggota, dan ikut serta dalam mengambil resiko jika terjadi masalah.  Agar partisipasi anggota berkelanjutan, maka pengelola koperasi harus  senantiasa mengembangkan kreativitas dan inovasi baik dari  aspek organisasi maupun usaha koperasi. Koperasi wajib menyediakan layanan yang sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan anggota.

MANFAAT DAN TUJUAN YANG DIPEROLEH
Anggota terdidik, akan bermanfaat pada kesadaran dan partisipasi anggota yang semakin meningkat. Setelah Pendidikan Anggota dilaksanakan, Peserta diharapkan:
1.    Memahami pengertian, nilai-nilai dan prinsip koperasi
2.    Terampil menyikapi kasus yang terjadi dalam kehidupan berkoperasi
3.    Terampil dan percaya diri berbicara dalam Rapat Anggota
4.    Memahami manfaat dan peran penting serta anggota dalam koperasi
5.    Memahami hak dan kewajiban sebagai anggota
6.    Mengenal struktur, fungsi dan tugas perangkat organisasi koperasi
7.    Memahami hakekat usaha koperasi.
8.    Menemukan kiat-kiat berwirausaha dengan baik
9.    Terampil menghitung harga pokok produksi dan harga penjualan
10.    Memahami cara-cara menganalisa masalah dan potensi usaha
11.    Menemukan cara untuk pemecahan masalah usahanya.
12.    Terampil dalam menghitung SHU bagian anggota
13.    Terampil dalam membaca laporan keuangan koperasi

PROSEDUR PELAKSANAAN
Struktur Pelaksanaan Pendidikan Anggota (PAg)
•    PAg dillakukan secara terstruktur dan berkelanjutan dalam 4 tahap, mulai dari; PAg-1, PAg-2, PAg-3 dan PAg-4.
•    Pelaksanaannya dapat dilakukan sekaligus atau secara bertahap
•    Tiap PAg membahas 3 (tiga) modul membutuhkan waktu 1 hari
•    Jika dilaksanakan sekaligus 4 tahap, butuh waktu 4 (empat) hari.
•    Alumni PAg, merupakan kader unggulan koperasi yang siap menempati posisi strategis di
•    Jumlah peserta per kegiatan sebanyak 20-30 orang
•    Fasilitator/Instruktur PAg adalah  Pemandu Koperasi yang memiliki Sertifikat LAPENKOP
•    Pelaksanaan sebaiknya dilaksanakan dalam wilayah kerja koperasi atau pada instansi yang bersangkutan

PROSEDUR REGISTRASI
Registrasi dapat dilakukan dengan menghubungi LAPENKOP Daerah Kota Tangrang, melalui telepon, surat, email, atau fax.
Alamat :
LAPENKOP Daerah Kota Tangerang
Jl. Daan Mogot Km. 24 No. 51 A Rt. 02/05 Kel. Sukaasih Kec. Tangerang – Kota Tangerang 15111.

Email dan website: 
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
website: www.dekopindakotatangerang.com

Kontak :
Nenih  (0858-1125-2727)
Nanang Hernawan  (0815-1758-6264)
Iryawan  (0812-1020-0253)

*Konfirmasi kepastian mengikuti pelatihan paling lambat 6 (enam) hari sebelum hari pelaksanaan
*Mekanisme Pembayaran dapat dilakukan secara langsung atau transfer Bank.
 
TOPIK
1. Pendidikan Anggota-1 (PAg-1)
•    Koperasi Kita
•    Berani Berbicara Dalam Rapat Koperasi
•    Peranserta Anggota Koperasi

2. Pendidikan Anggota-2 (PAg-2)
•    Mengenal UU.No. 25/1992
•    Pembicara Yang Baik
•    Organisasi Koperasi Kita

 

3. Pendidikan Anggota-3 (PAg-3)
•    Saya dan Rapat Anggota
•    SHU Bagian Anggota
•    Gender dalam Kehidupan Berkoperasi

4. Pendidikan Anggota-4 (PAg-4)
•    Peran Serta Anggota dalam Usaha Koperasi
•    Keterampilan Usaha
•    Harga Pokok Produksi dan Penjualan
•    Analisa dan Pemecahan Masalah usaha Anggota

SIAPA YANG PERLU IKUT
1.    Anggota dan Calon Anggota
2.    Masyarakat umum atau Komunitas

Hubungi Kami

Gedung Cisadane Lantai 2 Jl. KS Tubun No. 1 Rt. 003/004 Kel. Pasarbaru Kec. Karawaci Kota Tangerang - Banten 15112

Telp. 0815814807171, 085693883378, 081517586264, 081322118082

EMail : info@dekopindakotatangerang.com

Online User

We have 133 guests and no members online

Free Joomla templates by Ltheme